DASAR TEORI
Motor
bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran
dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran , dirancang untuk
menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenisnya. Mesin bensin berbeda
dengan mesin diesel dalam metode pencampuran bahan bakar dengan udara dan
bensin selalu menggunakan penyalaan busi untuk proses pembakaraan.
Pada
mesin bensin , pada umumnya udara dan bahan bakar dicampur sebelum masuk
keruang bakar, sebagian kecil mesin bensin modem mengaplikasikan injeksi bahan
bakar langsung ke silinder ruang bakar termasuk mesin bensin 2 tak untuk
mendapatkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Pencampuran udara dan bahan
bakar dilakukan oleh kabulator atau system injeksi, keduanya mengalami
perkembangan dari system manual sampai dengan penambahan sensor-sensor. System
injeksi bahan bakar di motor Otto terjadi diluar silinder , tujuannya untuk
mencampur udara dengan bahan bakar seproporsional mungkin
Sistem penyalaan motor bensin:
1.
Baterai
2.
Coil pengapian
3.
Distributor (alat pembagi)
4.
Platina dan kondensor
5.
Kabel – kabel busi
6.
Busi
7.
Kunci kontak
1.
Komponen Sistem Bahan Bakar Motor Bensin
Fungsi utama sistem bahan bakar adalah untuk
melayani kondisi campuran bahan
bakar dan udara yang
tepat sesuai dengan kebutuhan mesin pada bebagai kondisi kerjanya..
Siklus pengaliran bahan
bakar pada mobil adalah seperti pada
Gambar 1, berikut:
Gambar
1. Skematik sistem bahan bakar
A. ALAT DAN BAHAN
Alat :
1.
Obeng
plus (+)
2.
Obeng
minus (-)
3.
Kunci
ring pas 8,10,12,14
4.
Mister
baja
5.
Feller
gauge
6.
Pisau
perata
Bahan
:
1 set karburator
1 set karburator
B. KESELAMATAN KERJA
1.
Kegiatan Teori
a. Pelajari terlebih dahulu sebelum
kegiatan praktek dilakukan
b. Perhatikan setiap hal yang
dijelaskan oleh Instruktur
c. Catat hal-hal yang dianggap perlu
d. Tanyakan selalu hal-hal yang belum
jelas
2.
Kegiatan Praktek
a. Perhatikan setiap hal yang dijelaskan
dan didemonstrasikan oleh Instruktur
b. Catat hal-hal yang dianggap perlu
c. Jangan mencoba menghidupkan mesin
jika belum mengerti benar prosedur operasinya
d. Lakukan setiap proses menurut
prosedur yang ditentukan
e. Tanyakan selalu setiap ada hal yang
belum jelas
f. Bekerja dengan tekun dan penuh
disiplin Utamakan keselamatan kerja, baik diri sendiri, rekan kerja, mesin
maupun lingkungan disekitar mesin
A. KESIMPULAN
DAFTAR PENGECEKAN
KELENGKAPAN TUTUP KARBURATOR
No
|
Bagian
|
Kriteria
Pemeriksaan
|
Keadaan
|
|
Baik
|
Jelek
|
|||
1
|
Tutup karburator
|
Kerataan permukaan (0,2 mm)
|
|
|
2
|
Poros katup cuk
|
Kelonggaran/gerakan berat
|
|
|
3
|
Katup cuk
|
Pembukaan/penutup penuh
|
|
|
4
|
Pegas katup cuk
|
·
Teganganan pada katup cuk
·
Kondisi,pemasangan
|
|
|
5
|
Torak pengaya dalam silindernya
|
Kelonggaran/gerakan berat
|
|
|
6
|
Jarum pelampung
|
Keausan
|
|
|
7
|
Pelampung
|
·
Kerusakan/retak
·
Posisi tertinggi ( 1 mm )
Posisi terendah ( 5,5 mm)
|
|
|
8
|
Paking tutup
|
Kondisi robek
|
|
|
DAFTAR PEMERIKSAAN
KELENGKAPAN RUMAH KATUP GAS
No
|
Bagian
|
Kriteria
pemeriksaan
|
Keadaan
|
|
baik
|
jelek
|
|||
1
|
Sekrup penyetel idle
|
Keausan
|
|
|
2
|
Permukaan flens
|
Kerataan permukaan ( maks 0,2)
|
|
|
3
|
Poros katup gas tingkat I dan II
|
Kelonggaran
|
|
|
4
|
Katup gas tingkat I dan II
|
Pembukaan katup gas
|
|
|
5
|
Pegas-pegas katup gas
|
Kondisi pemasangan
|
|
|
6
|
Batang penggerak
|
Kedudukan pengunci-pengunci
|
|
|
DAFTAR PENGECEKAN
KELENGKAPAN BODI KARABURATOR
No
|
Bagian
|
Kriteria pemerisaan
|
Keadaan
|
|
Baik
|
jelek
|
|||
1
|
Bodi karburator
|
Kerataan permukaan ( 0,2 mm )
|
ü
|
|
2
|
Venturi-venturi
|
Kelonggaran
|
ü
|
|
3
|
Torak pompa percepatan
|
Kondisi sil
|
|
ü
|
4
|
Silinder pompa percepatan
|
Kondisi permukaan
|
ü
|
|
5
|
Katup isap pompa percepatan
|
Ketidak rapatan, kerataan
|
|
ü
|
6
|
Katup buang pompa percepatan
|
Ketidak rapatan, kerataan
|
|
ü
|
7
|
Saluran tekan pompa percepatan
|
Tersumbat/kotot
|
ü
|
|
8
|
Katup pengaya
|
Ketidak rapatan/macet
|
ü
|
|
9
|
Katup termostik
|
Ketidak rapatan,temperatur buka
( 500 C )
|
|
|
10
|
Jet idle ( perpindahan )
|
Tersumbat/kotor
|
ü
|
|
11
|
Jet udara sistem idle
|
Tersumbat/kotor
|
|
ü
|
12
|
Saluran idle
|
Tersumbat/kotor
|
ü
|
|
13
|
Nosel tingkat I
|
Tersumbat/kotor pada jet koreksi udara
Kondisi paking
|
ü
|
|
14
|
Nosel tingkat II
|
Tersumbat/kotor pada jet koreksi udara
Kondisi paking
|
ü
|
|
15
|
Paking bodi ( bawah )
|
Kondisi robek
|
|
|
Pada hasil praktikum yang telah kami
lakukan, kami dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
a. Para praktikum dapat mengetahui
bagian-bagian mesin dan cara-cara overhaul.
b. Para praktiku dapat mengetahui
cara-cara tune up.
c. Mampu merawat mesin.
d. Mampu menganalisa kerusakan
mesin.
e. Mengerti bagaimana cara mengukur
bagian-bagian mesin dan mengetahui kebanyakan mesin tersebut.
f. Mengetahui tentang system
pengapian, system pelumasan dan, system pendingin.
B. SARAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh
praktikan dalam praktikum adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan kedisiplinan.
b. Supaya lebih serius dalam
melaksanakan praktikum.
c. Jangan bercanda saat praktikum.
d. Lebih memahami praktikan yang
sedang dikerjakan.
DAFTAR PUSAKA
http:/www.motorbensin-motordiesel.com/klasifikasi
Arends.
BPM, Berenschot. H. Motor Bensin. Erlangga. Jakarta
Edward
F. Robert [1961]. Internal Combustion Engine,
Analysis
and Practice. 2th Edition. The Haddon
Craftsmen. Inc.
Sacramento. Pennsylvania.
No comments:
Post a Comment