1. Perawatan starter motor
·
Pemberian pelumas pada gigi pinion.
·
Membersihkan bagian terminal B, C,
dan, ST.
·
Membersihkan field coil,pole core dan
yoke.
2. Perbaikan Starter Motor
Ada beberapa kemungkinan Gejala kerusakan
yang bisa terjadi pada motor starter
·
Terdengar suara kasar
·
Ada suara desing setelah motor
starter ON
·
Tidak terdengar suara pada waktu
kunci kontak posisi ST
·
Motor starter tidak kuat memutar
mesin
·
Motor starter kadang kuat memutar
mesin kadang tidak kuat
·
Motor starter tidak mau berputar
walaupun di tes di luar
Setelah mengetahui gejala-gejala
yang terjadi pada starter motor maka kemungkinan yang terjadi adalah
·
Pinion gear aus
·
Unit rem aus
·
Terminal 50 lepas
·
Sekering putus
·
Komponen solenoid lepas
·
Batere habis
·
Komutator kotor
·
Terminal 50 kendor
·
Sikat 1/2 habis
·
Bushing aus
Selanjut nya setelah mengetahui
kemungkinan kerusakan yang terjadi yang harus di lakukan adalah
·
Jika pinion gear aus, silahkan diganti
·
Jika unit rem aus, bisa perbaiki
atau ganti
·
Jika batere habis, silahkan di
charger
·
Jika komulator kotor, terminal 50
kendor, atau sikat habis, perbaiki jika
tidak bisa maka harus di ganti.
·
Dan yang terakhir jika bushing aus,
silahkan ganti.
3.
Langkah Perawatan dan perbaikan motor Starter
Pembongkaran
motor starter diperlukan jika terjadi kondisi yang tidak normal pada motor starter, terutama pada bagian
komponen dalam motor starter. Apabila terjadi kerusakan dalam sistem starter
maka sebelum melakukan langkah pembongkaran, dianjurkan untuk melakukan
diagnosa/troubleshooting(mencari
sumber permasalahan) terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar dalam menangani
kerusakan yang terjadi dapat secara tepat atau tidak menimbulkan komplikasi.
Perlu diketahui bahwa membongkar motor
starter juga dapat berpotensi terhadap kerusakan motor starter, misalnya
pada bagian sikat starter yang sering
kali terputus hingga pegas yang hilang. Setelah memastikan bahwa kerusakan
dalam sistem starter berasal dari
komponen dalam motor starter maka
kita dapat melakukan pembongkaran dan pemeriksaan untuk mengetahui kondisinya.
Berikut adalah langkah-langkah pembongkaran motor
starter:
1.
melepas kabel kumparan medan yang
terpasang pada terminal C selenoid,
kemudian lepas solenoid.
2.
melepas baut pengikat selenoid.
3.
Melepas selenoid dari starter
4.
melepas sekrup dari ujung rumah belakang.
5.
melepas tutup belakang motor starter.
6.
melepas sikat dan pemegang sikat. Apabila
sikat menggunakan tipe yang berpegas maka berhati-hati agar sikat tidak putus
dan pegas tidak hilang.
7.
Keluarkan armature dan drive lever dari
rumah motor starter.
8.
melepas sekrup dari ujung rumah
penggerak.
9.
melepaskan rumah ujung penggerak.
Pemeriksaan dan perbaikan perlu dilakukan
pada motor starter jika terjadi kerusakan atau gangguan pada motor starter.
Pemeriksaan dan pengujian yang dilakukan pada motor starter adalah sebagai
berikut:
- Ukur run out atau kelengkungan pada komutator dengan menggunakan DTI pada meja rata dan V-blok. Ganti komutator jika kelengkungannya melebihi standar. Nilai standar = 0.02 mm, limit = 0.05 mm
- Pemeriksaan segmen komutator dari keausan dan ukur kedalaman dari segmen mika menggunakan jangka sorong. Nilai standar = 0.7-0.9 mm, limit = 0.2 mm. jika kedalaman segmen ini lebih kecil dari standar tetapi lebih besar dari limit komutator dapat di bubut dan jika kurang dari limit ganti komutator. (atau lihat buku pedoman perbaikan jika jenis atau model starternya berbeda). (Lihat gambar 2 no 2).
- Ukur diameter luar komutator. Standar 35 mm, limit 34 mm. jika diameter luar kurang dari limit, ganti komutator
- Lakukan pengujian dengan glow tester. Pasang armature pada alat tersebut dan dekatkan bilah gergaji besi atau feeler gauge di sekitar inti armature. Bilah gergaji akan bergetar atau menempel ke armatur jika ada hubungan arus pendek, ganti jika ada hubungan arus pendek.
- gunakan ohm meter, ukur hubungan antara komutator dengan bodi armature. Jika terdapat hubungan berarti terjadi hubungan massa, dan ganti armature..
- Gunakan ohm meter, ukur hubungan antara komutator, lakukan untuk semua komutator. Semua segmen komutator harus berhubungan, ganti armature jika tidak berhubungan..
- Gunakan ohm meter, ukur hubungan antara ujung kumparan medan dengan bodi, harus tidak ada hubungan dan ganti jika berhubungan.
- Ukur hubungan antara ujung terminal C dan ujung kumparan medan yang berhubungan dengan sikat. Harus terdapat hubungan. Ganti kumparan medan jika tidak ada hubungan.
- Ukur panjang sikat dengan jangka sorong. Standar 14.5 mm limit 9.5 mm. ganti sikat jika kurang dari limit.
- Ukur hubungan antara dudukan sikat positif dan plat pemegang sikat. Tidak boleh ada hubungan, jika terdapat hubungan berarti isolasi rusak. Periksa sikat dari keausan yang berlebihan , ganti sikat jika ada keausan yang berlebihan.
- Periksa gigi kopling starter dari keausan atau kerusakan. Putar gigi pinion searah jarum jam dan pinion harus dapat berputar dengan lembut. Putar pinion dengan arah yang berlawanan, pinion harus terkunci.
b. Langkah pemasangan
1.
Meletakan starter kembali ke
tempatnya dengan posisi selenoid berada di atas
2.
jika posisi sudah benar,pasang dua
baut starter yang membuat starter menempel ke mesin,kencangkan baut secukupnya
dengan kunci shock 14 mm dan rachet.
3.
memasang kabel soket selenoid atau
kabel terminal 50.
4.
memasang kabel terminal 30 dan mur
pengencang nya dengan kunci 12 kombinasi atau ring
5.
Setelah kedua kabel starter
terpasang dengan baik,baut pemegang sudah cukup kencang pasang terminal aki
negatif atau minus yang di lepas tadi.
6.
hidupkan mesin untuk periksa kerja
starter memutar mesin
No comments:
Post a Comment