Thursday, June 8, 2017

Pengertian Basis Data (Database)


 

Basis  dapat  diartikan  sebagai  markas  atau  gudang,  tempat  bersarang atau

berkumpul. Sedangkan data merupakan representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek. Database menurut Hartono (2005b:217) merupakan “kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya”.

Database merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya.

Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database system. Sistem basis data (database system) ini adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.

Prinsip utama basis data adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibilitas dan kecepatan dalam pengambilan data kembali. Adapun tujuan basis data diantaranya sebagai efisiensi yang meliputi speed, space, dan accurancy,


menangani  data  dalam  jumlah  besar,  kebersamaan  pemakaian  (sharebility),  dan

meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data.

No comments:

Post a Comment