Friday, February 10, 2017

Forklift dan Jenis Jenis nya.



1.    Pengertian Forklift
Forklift adalah suatu alat atau kendaraan yang menggunakan garpu atau clamp yang dipasang pada mast untuk menggangkat, menurunkan dan memindahkan suatu benda berat dari suatu tempat ketempat lain.
untuk karakteristik forklift dalam sistem pengangkatan adalah dua batang rail vertikal yang di gerakan dengan sistem hidrolik yang di sebut dengan mast, dan garpu (fork) yang bergerak naik turun.
Mast di hubungkan ke badan forklift oleh hidrolik silinder yang mampu menggerakan mast kedepan dan kebelakang. Untuk bodi forklift mempunyai banyak keutamaan seperti sebuah mobil : tenaga penggerak (dengan mesin, kopling, transmisi dan gardan), axle depan dan belakang, rem dan chassis.

2.    Jenis-Jenis Forklift
Berdasarkan sumber energi yang digunakan, ada 2 macam jenis forklift yang saat ini populer digunakan.
A.      Forklift Diesel
 
                                             Gambar 3.1 Forklift Diesel

Forklift ini menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya. Secara otomatis, forklift ini berbahan bakar solar dan biasanya memiliki jenis ban yang terbuat dari karet seperti ban kendaraan pada umumnya.     
B.       Forklift Elektrik
 
Gambar 3.2 Forklift Elektrik

Forklift ini menggunakan tenaga batery sebagai sumber energinya. Batery ini mempunyai lifetime sehingga diperlukan sebuah alat untuk mer-recharge sehingga baterai dapat berfungsi kembali.


1 comment:

  1. Semoga sukses untuk usaha forklift nya Pak.
    kami dari distributor ban forklift menawarkan kerjasama ban forklift merk achilles dan ascendo
    kunjungi website kami KLIK DISINI ----->>>: Ban Forklift Achilles

    ReplyDelete