Friday, February 10, 2017

Bagian-Bagian Forklift



1.    Bagian-Bagian Forklift  
Bagian-bagian utama dari sebuah forklift adalah:
Gambar 3.3 Bagian- Bagian Forklift

A.      Fork
Adalah bagian utama dari sebuah forklift yang berfungsi sebagai penopang untuk membawa dan  mengangkat  barang.  Fork berbentuk dua buah besi lurus dengan panjang rata-rata 2.5 m. Posisi peletakan  barang di atas pallet  masuk ke dalam fork  juga menentukan beban maksimal yang dapat diangkat oleh sebuah forklift.
B.       Carriage  
Carriage  merupakan  bagian  dari forklift yang berfungsi sebagai penghubung antara mast dan fork. Ditempat inilah fork melekat. Carriage juga berfungsi sebagai sandaran dan pengaman bagi barang-barang dalam pallet untuk transportasi atau pengangkatan.
C.      Mast
Mast adalah   bagian utama terkait dengan  fungsi kerja sebuah fork dalam forklift. Mast adalah satu bagian yang berupa dua buah besi tebal yang terkait dengan hydrolic system dari sebuah forklift. Mast ini berfungsi untuk lifting dan tilting.
D.      Overhead Guard
Overhead guard merupakan pelindung bagi seorang forklift driver. Fungsi pelindungan ini terkait dengan safety user dari kemungkinan terjadinya barang yang jatuh saat diangkat atau diturunkan, juga sebagai pelindung dari panas dan hujan.
E.       Counterweight
Counterweight merupakan bagian penyeimbang beban dari sebuah forklift. Letaknya berlawanan dengan posisi fork.

No comments:

Post a Comment